Tuesday, November 4, 2014

BISNIS PLAN (KAOS LUKIS)


 WINDY VINORIKA YULI ASTUTI 
Rencana Bisnis
Kaos Lukis
A.    Lingkungan bisnis
Asumsi saya memilih bisnis kaos lukis yaitu pada saat ini belum begitu banyak orang yang meminati bisnis tersebut. Sehingga pesaing dalam bisnis kaos lukis masih tergolong sedikit. Oleh karena itu, saya berinovasi untuk membuat kaos lukis dan  merencanakan bisnis tersebut dikelola dalam ruang lingkup dekat dengan tempat pariwisata yang strategis, seperti di daerah saya yang dekat dengan  Benteng Portugis (Jepara), atau bisa juga di sekitar Pantai Kartini (Jepara), dan bisa juga merambah pada kota pariwisata yang lebih besar lagi seperti Yogyakarta. Maka analisis saya bahwa banyak wisatawan maupun penduduk lokal yang tertarik untuk membeli kaos bernuansa seni dan unik tersebut. Dengan membandrol harga yang terjangkau, maka terkait dengan peluang pasar ,  usaha pembuatan dan penjualan kaos lukis ini menurut saya memiliki peluang yang tinggi. Ditinjau dari segi prospek laba, produksi kaos lukis ini akan menjanjikan keuntungan yang tergolong tinggi.

B.           Manajemen bisnis
a.               Analisis kerja sama
Saya merencanakan akan mendirikan sebuah CV dimana dalam CV tersebut ada anggota aktif dan anggota pasif untuk bekerja sama. program kerja sebagai berikut :
Tahap awal :
1.              Survei pasar
2.              Persiapan bahan baku dan alat operasional
3.              Penentuan mitra usaha


Tahap inti:
1.              Pembuatan dan penyerahan desain
2.              Pembuatan produk
3.              Promosi produk bersama mitra usaha
4.              Penyortiran produk
5.              Pemasaran produk
Tahap akhir:
1.              Evaluasi pemasaran
2.              Evaluasi kualitas produk
3.              Perbaikan mutu produk
b.              Analisis pembagian kerja
Pembagian kerja  disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.
Yaitu misalnya :
1.              Karyawan dengan tugas melukis kaos polos yang sudah tersedia
2.              Karyawan dengan tugas mengecek barang yang sudah jadi apakah layak atau tidak, dan melakukan perbaikan/pembenahan
3.              Karyawan bagian distribusi dan promosi
C.           Pemasaran
Strategi pemasaran yang akan diterapkan adalah berdasarkan  product, place, promotion,  and price.
1.              Produk (product)
Strategi produk dengan rincian sebagai berikut:
a.               Design :  gambar pada baju dibuat secara dilukis , bernilai seni dengan gambar yang unik dan menarik,  nyaman digunakan (lembut dan adem), dibuat dalam berbagai warna dan ukuran.
b.              Bahan : Rayon  jersey yaitu jenis kain yang lembut dan adem.
c.               Tempat produksi:  Kota Pati,  khususnya Kecamatan Dukuhseti
2.              Tempat sasaran  (place)
Pemasaran akan dilakukan di seluruh objek wisata yang ada disekitar kita. Teknik pemasaran yang diterapkan adalah dengan bekerja sama dengan distro-distro yang terdapat disekitar lokasi wisata.


3.              Promosi (promotion)
Strategi promosi adalah sebagai berikut:
a.               Penyebaran brosur
b.              Interest in crowded
Sistem ini dilakukan sebagai metode untuk menarik perhatian konsumen yang mempunyai asumsi bahwa tempat yang ramai pasti memiliki kualitas barang yang bagus, unik dan harga terjangkau.
c.               Online marketing
4.              Harga (price)
Harga yang ditawarkan kepada konsumen dari setiap 200 hasil produksi adalah Rp.50.000,00/pcs dengan laba/(rugi) kotor sekitar   Rp.28.000,00 (belum gaji karyawan dan lain2). Dalam setiap pembelian satu buah baju akan diperoleh satu buah stiker.


D.          Keuangan

1.              Rencana biaya tetap produksi
No.
Jenis Modal Kerja
Jumlah
Harga per satuan (Rp)
Harga Total (Rp)
1
Pembelian baju polos berbahan dasar kain Rayon Jersey berbagai warna dan ukuran
200 buah
15.000
3.000.000
2
Biaya pelukisan
200 buah
2.000
400.000
Total Modal Operasional
3.400.000






2.              Rencana biaya promosi dan pemasaran
No.
Jenis Modal Kerja
Jumlah
Harga per satuan (Rp.)
Harga Total (Rp)
1.
Alat tulis kantor
1 set
25.000
25.000
2.
Hanger baju
50 buah
10.000
500.000
3.
Label harga
20 lusin
2.500
50.000
4.
Label size
20 lusin
2000
40.000
5.
Tas plastic
200 buah
1000
200.000
6.
Brosur
500 buah
100
50.000
7.
Stiker
200  buah
1000
200.000
Total Modal Operasional
1.065.000

3.              Beban Gaji Karyawan
No.
Gaji per 200 kaos lukis
Total biaya
1.
500.000 x  4 orang karyawan
2.000.000
Total Biaya Pengeluaran
2.000.000
Total biaya pengeluaran : Rp.  6.465.000,00
Total pendapatan: Rp.50.000 ,00 x 200 = Rp. 10.000.000,00
Laba kotor=  Rp. 3.535.000,00
Laba /pcs = Rp. 3.535.000,00 : 200 =  Rp 17.675,00

No comments:

Post a Comment